Sabtu, 31 Desember 2011

LAPORAN HASIL KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL II) DI MTs NEGERI CIREBON 1 2011



 
LAPORAN HASIL KEGIATAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL II)
DI MTs NEGERI CIREBON 1
2011






Di susun Oleh
Nama : ANDRI
Nim : 58461205
Jurusan : Pendidikan  IPA BIOLOGI

FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
C I R E B O N
2011

KATA PENGANTAR

                        Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Illahi Rabbi yang telah merahmati kami rahmat Iman, Islam, dan kesehatan sehingga kami mampu menyelesaikan laporan Praktek Pelaksanaan  Lapangan (PPL) dalam waktu yang relatif singkat dengan tanpa mengalami hambatan dan rintangan yang berarti. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada baginda Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya sampai akhir zaman.
                        Laporan ini dibuat dalam bentuk tertulis sederhana, yang disajikan sebagai bahan evaluasi akhir dari kegiatan PPL 2 yang telah kami laksanakan di MTs Negeri Cirebon 1. Laporan ini juga dimaksudkan untuk memenuhi syarat dan tugas perkuliahan di semester VII.
                        Dalam pelaksanaanya kami menemukan beberapa hambatan kecil baik operasional maupun nonoperasional. Namun atas bantuan dan dorongan dari berbagai pihak Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan laporan ini sebagaimana mestinya.
                        Pada keseempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang kami hormati:
1.      Bapak Prof. H. Maksum Abdullah, M. Ag. selaku rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
2.      Bapak DR. Saefudin Zuhri, M. Ag. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
3.      Bapak Drs. Aris Suherman, M. Pd. selaku sekretaris Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
4.      Bapak Drs. Taqiyuddin, M. Pd. selaku Dosen Pembimbing PPL II
5.      Bapak Drs. Darmo AD selaku Kepala sekolah MTs Negeri Cirebon 1.
6.      Bapak Akmal selaku Wakil kepala sekolah bidang kurikulum MTs Negeri Cirebon 1.
7.      Ibu D.Qonita Ma’moen S.Ag guru pamong mata pelajaran, Bapak / Ibu Guru dan Staf TU MTs Negeri Cirebon 1.
8.      Siswa-Siswi  MTs Negeri Cirebon 1.
9.      Rekan-rekan seperjuangan dan semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan dan pelaksanaan PPL II ini yang tidak bapat kami sebutkan satu persatu.
            Selanjutnya kami merasa bahwa laporan tugas ini masih jauh dari sebuah kesempurnaan, oleh karena itu kami sangat menunggu saran dan kritik yang konstruktif untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kami untuk lebih baik dalam penyusunan laporan yang selanjutnya.

Cirebon,          November 2011
                                                                                                            


                                                                                                            
                                                                                                                        Penyusun


























LEMBAR PENGESAHAN

Laporan akhir Praktek Pengalaman (PPL) II, mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan IPA Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon di MTs Negeri Cirebon 1 Tahun Ajaran 2011/2012. Telah diperiksa dan disahkan oleh guru pamong, kepala sekolah dan dosen pembimbing.
Cirebon,  November  2011


Dosen Pembimbing,





Drs. H. Taqiyuddin M., M. Pd.
NIP. 19630522.199403.1.003

Guru Pamong





D. Qonita Ma’moen
NIP.1964702.199703.2.001

Kepala Sekolah





Drs. Darmo AD
NIP. 19550310.199103.1.001














B A B  I
P E N D A H U L U A N

A. Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon merupakan salah satu usaha mempersiapkan mahasiswa calon guru dalam menghadapi tugas profesinya kelak. Praktek mengajar ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk terjun ke dalam dunia pendidikan di sekolah dan juga merupakan dasar atau bahan pengalaman yang sangat bernilai kelak jika menjadi seorang guru yang sebenarnya. Itulah sebabnya PPL termasuk salah satu bagian dari kurikulum yang diterapkan oleh Fakultas Tarbiyah IAIN SYEKH NURJATI Cirebon.
Dalam PPL II inilah para calon guru terjun langsung ke sekolah-sekolah yang sudah ditetapkan oleh lembaga IAIN SYEKH NURJATI Cirebon. Di sekolah para calon guru banyak menemukan permasalahan yang dihadapi. Oleh karena itu seorang calon guru harus menguasai teknik-teknik atau cara mengajar yang baik dan benar.
Melalui PPL II para calon guru dapat menghayati dan menilai seberapa jauh penguasaan ilmu dan materi yang telah dipelajari selama mengikuti perkuliahan.
Pelaksaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa IAIN SYEKH NURJATI Cirebon Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Cirebon, merupakan salah satu bentuk usaha dalam mempersiapkan mahasiswa calon guru untuk menghadapi tugas profesinya sebagai guru yang profesional. Praktek mengajar ini kemudian bisa dijadikan sebagai bahan pengalaman yang sangat bernilai. Oleh karena itu PPL termasuk kedalam kurikulum IAIN SYEKH NURJATI Cirebon.
Dalam PPL II inilah, para calon guru merasakan betapa banyak masalah yang harus dihadapi. Masalah-masalah itu bisa berupa kompetensi yang harus ia kembangkan untuk menjalankan tugasnya dengan baik, hubungan dengan siswa atau rekan kerja yang lain, atau metode-metode mengajar yang harus ia pelajari dan kembangkan terus menerus supaya bisa menghasilkan output yang baik. Untuk menghadapi masalah tersebut ternyata segala ilmu yang berintegrasi dan dikuasainya itu benar. Melalui PPL II ini, mereka dapat menghayati ilmunya dalam situasi di sekolah yang dihadapi.
Pengalaman yang terjadi selama menjalani PPL II diharapkan bisa membuat seorang calon guru siap untuk terjun menjadi guru yang sebenarnya, sehingga ia bisa menghadapi semua masalah yang terjadi sehingga mampu untuk menjadi guru yang baik dan profesional.
Guru seperti profesi yang lainnya juga yang memerlukan skill atau kemampuan khusus. Kompetensi yang dikembangkan seorang guru dalam pekerjaannya akan meningkatkan kualitas pendidikan, dan kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru bisa berkembang jika ia mampu mengembangkannya dengan mengacu pada masalah-masalah yang terjadi dalam pekerjaannya.
Agar menjadi seorang guru yang profesional dan memiliki kompetensi yang baik, seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN SYEKH NURJATI Cirebon diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL II) yang sudah diterapkan dalam kurikulum dengan tujuan bahwa praktek mengajar ini dapat memberikan bekal bagi mahasiswa untuk bisa mengatasi berbagai masalah yang akan dihadapinya kelak.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, timbul beberapa permasalahan yaitu :
1.    Bagaimana deskripsi objektif diadakannya Praktek Pengalaman Lapangan II yaitu di MTS N CIREBON 1.
2.    Bagaimana proses belajar mengajar pada praktek kependidikan dalam rangka pembentukan guru profesional yang dilaksanakan oleh praktekan.

C.  Langkah-langkah yang ditempuh
Berikut ini adalah langkah-langkah yang ditempuh untuk mendapatkan hasil laporan dalam penyusunan laporan PPL II ini :

1.      Sumber Data
Data yang saya susun dalam laporan ini kami ambil berdasarkan jenis data sebagai berikut :
a.       Sumber data primer, yaitu data kami peroleh dari sumber pustaka yang ada hubungannya dengan kegiatan PPL II;
b.      Sumber data sekunder, yaitu sumber data yang kami peroleh dari responden yang benar-benar mengetahui masalah PPL II ini yaitu : kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pamong, staf tata usaha dan siswa.
2.      Teknik Pengumpulan Data
a.       Studi kepustakaan
Yaitu pengumpulan data yang sifatnya teoritis yang diambil dari buku-buku atau dokumen yang berhubungan dengan kegiatan PPL II.
b.      Observasi
Pengamatan secara langsung terhadap gejala yang ada dilokasi PPL II dengan menggunakan form observasi yang telah ditentukan. Yaitu meliputi pengamatan langsung untuk mengetahui kondisi objektif di MTS N CIREBON 1 yang berkenaan dengan suasana kondisi belajar mengajar di sekolah, data dari observasi ini meliputi : Lingkungan Sekolah, Personalia Sekolah, Kurikulum dan KBM, Bentuk Kegiatan Ekstrakurikuler, Sarana Sekolah, Bimbingan dan Penyuluhan dan Perpustakaan Sekolah.
c.       Wawancara
Melakukan tanya jawab secara langsung untuk memperoleh data yang diperlukan. Wawancara ini dilakukan oleh praktekan dengan responden yang meliputi kepala sekolah, wakasek, kurikulum, guru bimbingan pelajar, guru pamong, dan staf tata usaha untuk memperoleh data mengenai lingkungan sekolahdan personalia sekolah.
d.      Studi Dokumentasi
Menyalin data mengenai identitas sekolah, sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki oleh MTS N CIREBON 1 serta semua data yang diperlukan mengenai sekolah.

3.      Teknik Deskriptif dan Analisa
a.       Teknik Deskriptif
Digunakan untuk memperoleh data tentang kebenaran MTS N CIREBON 1 yang meliputi : Lingkungan sekolah, personalia sekolah, kurikulum dan KBM, kegiatan ekstrakurikuler, sarana administrasi, BP, dewan sekolah, perpustakaan dan kesejahteraan pegawai atau tenaga pendidik.
b.      Teknik Analisa Data
Dalam menganalisa data, kami menggunakan analisa logika yang dipergunakan untuk mengolah data yang sifatnya kualitatif dan kuantitatif yaitu dalam bentuk uraian yang sistematis.



BAB  II
DESKRIPSI DAN HASIL OBSERVASI

  1. Lingkungan Sekolah
  1. Identitas Sekolah
a.       Nama Sekolah                        : MTs NEGERI CIREBON 1 KORA CIREBON
b.      No Statistik Sekolah              : 121.1.32.74.0001
c.       Tipe Sekolah                          : MENENGAH
d.      Alamat Sekolah :
·         Jalan                           : Jl. Pilang 38 Kelurahan Sukapura Kec. Kejaksan
·         Kecamatan                 : Kejaksan
·         Kota                           : Cirebon
·         Provinsi                     : Jawa Barat
e.       Status Sekolah                       : Negeri
f.       Nilai Akreditasi                      : A
g.      Telepon / Hp / Fax                 : (0231)206274
h.      Waktu Belajar :
·         Masuk                                     : 06.45 WIB
·         Keluar                                     : 13.30 WIB
·         Istirahat                       : 09.4010.00 WIB

  1. Keadaan Bangunan dan Ruangan
  1. Bangunan Gedung
    • Luas Wilayah              : 7.030 m2
    • Keadaan Bangunan     : Baik
    • Lokasi                                     : bersebelah MAN 3 Kota Cirebon
    • Pemeliharaan               : Baik
  2. Keadaan Ruangan
    • Belajar                         : 25 ruang
    • Kantor                         : 1 ruang
    • Kepala sekolah            : 1 ruang
    • Tata usaha                   : 2 ruang
    • Meeting                       : 1 ruang
    • Perpustakaan               : 1 ruang
    • Koperasi siswa            : 1 ruang
    • Lab. IPA                     : 1 ruang
    • Lab. Komputer            : 1 ruang
    • Olahraga                      : - ruang
    • Keterampilan               : - ruang
    • Gudang                       : 1 ruang
    • Tamu                           : 1 ruang
    • Ibadah                                     : 1 ruang
    • KM/WC guru              : 2 ruang
    • KM/WC siswa            : 4 ruang
    • BK                              : 1 ruang
    • PMR                            : 1 ruang
    • Pramuka                      : 1 ruang
    • Osis                             : - ruang
  3. Keadaan lapangan
    • Lapangan upacara                                           : 1 lapanngan
    • Lapangan Volly                                              : 1 Lapangan
    • Lapangan Bad minton                                                : - Lapangan
    • Tempat parkir sepeda motor                           : 1 Lapangan
    • Tempat parkir kendaraan roda empat             : 1  Lapangan

  1. Kelengkapan Ruangan
Jenis ruangan
Meja / kursi
Daftar
Statistic
Grafik
Diagram
Keterangan.
R. Kepala Sekolah
R guru
R. kelas
Perpustakaan
Tata usaha
BP/BK



  1. Personalia Sekolah
1.      Nama Kepala Sekolah                               : Drs.Darmo AD
2.      Keadaan guru                                            :
a.       Jumlah Guru                                        : 58 orang
·         Sarjana                                             : 28 orang
·         Magister                                           : 2 orang
·         Doktor                                              : -
3.      Kadaan Pegawai
a.  Pegawai Administrasi                           : 8 orang
b. TU                                                         : 2 orang
c.  Pustakawan                                           : 2 orang
d.      Lainya                                                 : 18 orang
Jumlah                                                     : 97 orang
e.       Pendidikan Tertinggi                          : S.2
f.       Pendidikan Terendah                          : -
4.      Keadaan Murid :
a.       Kelas VII                                            : 367 siswa
b.      Kelas VIII                                           : 325 siswa
c.       Kelas IX                                              : 323 siswa
Jumlah                                               : 1.015 siswa
5.      Rasio Guru Murid                                     : 1:20
6.      Rasio Ruangan Kelas / Murid                   : 1:40

  1. Kurikulum dan KBM
1.      Kurikulum yang digunakan di MTs Negeri Cirebon 1 untuk tingkat I,  II dan III adalah kurikulum.
2.      Buku Pegangan Murid
Jenis bidang study
Penerbit
Matematika
LKS Grand star
Bahasa Indonesia
LKS Grand star
Bahasa inggris
LKS Grand star
Agama
LKS Grand star
IPA
LKS Grand star
IPS
LKS Grand star
Kesenian
LKS Grand star
Bahasa Cirebon
LKS Grand star
Bahasa sunda
LKS Grand star
PPKN
LKS Grand star
Budi pekerti
LKS Grand star
Tinkom
LKS Grand star

Buku Pegangan Guru
Jenis bidang study
Penerbit
Matematika
BSE DIKNAS
Bahasa Indonesia
BSE DIKNAS
Bahasa inggris
BSE DIKNAS
Agama
BSE DIKNAS /DEPAG
IPA
BSE DIKNAS
IPS
BSE DIKNAS
Kesenian
BSE DIKNAS
Bahasa cirebon
-
Bahasa sunda
-
PPKN
BSE DIKNAS
Budi pekerti
-
Tinkom
-

3.      Alat peraga dan alat komunikasi pengajaran yang tersedia
a.       Agama                                     : Mesjid, Al-Qur’an, Kaligrafi, Gambar
peraga shalat dan tempat wudhu.
b.      Olahraga                                  : lapangan olah raga,bola volley, basket, futsal
c.       Kesenian                                 : Rebana, Paduan suara
d.      Bahasa                                     : Seperangkat alat peraga dan buku cetak
e.       Matematika                             : Perangkat alat peraga, jangka,
penggaris, busur, dll.
f.       IPS                                          : Peta, Globe, atlas
g.      IPA                                         : tengkorak,organ tubuh, mikroskop

4.      Struktur Program Kurikulum
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum

  1. Sarana Administrasi Pendidikan
No
Jenis kelengkapan sekolah
Ada / tidak
Ket.
1.       
Tata tertib sekolah
Ada

2.       
Daftar statistic guru pegawai
Ada

3.       
Buku induk
Ada

4.       
Buku rapot murid
Ada

5.       
Daftar catatan pribadi murid
Ada

6.       
Buku persiapan mengajar
Ada

7.       
Buku harian kelas
Ada

8.       
Buku harian sekolah
Ada

9.       
Buku khas sekolah
Ada

10.   
Guru / pegawai
Ada

11.   
Buku agenda
Ada

12.   
Buku ekspedisi
Ada

13.   
Buku kloper
Ada

14.   
Buku notulen rapat
Ada

15.   
Buku tamu
Ada


  1. Bentuk Kegiatan Ekstra Kurikuler
1.      Paskibra
    • Pembina          : Moh. Usman S.Ag
    • Pelatih             : Andi (Alumni)
    • Kegiatan          : Latihan Rutin Rabu dan Sabtu

2.      Pramuka
    • Pembina          : Toto Suharto, S.Pd.I
    • Pelatih             : Aan (Alumni)
    • Kegiatan          : Latihan rutin, kemah, Pelantikan Rakit, TKU, TKK

3.      PMR
    • Pembina          : Siti Een Qurratul Aeni, S.Pd.I
    • Pelatih             : Epi
    • Kegiatan          : Latihan rutin hari selasa

4.      OSIS
·         Pembinz          : Wartono,S.Pd
·         Ketua Osis      : Budi
·         Kegiatan          : Struktur organisasi baru

5.      Pengembangan seni
·         Pembina          : Topik Hidayat, S.Pd.I
·         Kegiatan          : Paduan suara, Rebana

6.      Basket
    • Pelatih             : Robi
    • Kegiatan          : Latihan rutin, Popkota
7.      Voli
    • Pelatih             : Luthfi
    • Kegiatan          : Latihan Rutin, Popkota
8.      Futsal
    • Pelatih             : Wartono
    • Kegiatan          : Latihan Rutin, Popkota
9.      Pengembangan Diri
Ada beberapa program pengembangan diri yang diadakan oleh MTs Negeri Cirebon 1 wajib diikuti oleh kelas VII dan VIII, program-programnya yaitu :
·         Perjusami
·         BTAQ (baca tulis al-quran )
·         Olahraga
·         Keputrian
  1. Bimbingan dan Penyuluhan
1.      Struktur Organisasi


















Kepala Sekolah
Wakil Kepala Sekolah
 



Tenaga Ahli Instansi Lain
 


BP3
 



















SISWA
 












Keterangan :
                              : Garis komando
                              : Garis koordinasi
                              : Garis konsultasi
2.      Tugas dan Fungsi
Mekanisme kerja bimbingan dan konseling MTs Negeri Cirebon 1:
a.       Kepala Sekolah dan Wakil
Mengetahui dan memeriksa semua kinerja dan catatan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan guru pembimbing dengan dibantu oleh wakil kepala sekolah.
b.      Guru Mata Pelajaran
·         Membuat daftar nilai siswa sebagai acuan untuk membimbing siswa
·         Membuat catatan tentang observasi siswa sebagai acuan untuk membimbing siswa,
·         Membuat catatan-catatan kejadian yang dilakukan oleh siswa.
c.       Wali Kelas
·         Mengkoordinir daftar nilai siswa dari hasil laporan guru-guru mata pelajran.
·         Membuat angket siswa untuk mengetahui nama dan karaktersiswa yang diasuhnya.
·         Membuat angket untuk orang tua siswa untuk menjalin hubungan dengan orangtua siswa.
·         Membuat laporan observasi siswa.
·         Mencatat kejadian-kejadian dan mengkordinir laporan catatan kejadian siswa dari guru mata pelajaran.
·         Membuat laporan kegiatan pelayanan.
·         Membuat catatan home visit.
·         Membuat catatan setiap melakukan wawancara baik wawancara dengan siswa maupun dengan orangtua siswa yang diasuh.
d.      Guru Pembimbing
·         Membuat kartu akademis
·         Mencatat setiap kali ada konseling
·         Menyediakan buku pribadi dan map pribadi untuk mengkoordinir laporan-laporan yang masuk, baik dari guru mata pelajaran.
·         Melakukan tes psikotes siswa dan mendata psikotes.
·         Membuat laporan bulanan KBK.
·         Membuat notula rapat.
3.      Kegiatan
Kegiatan bimbingan dan penyuluhan (BP)/ bimbingan karier (BK) yang dilakukan di MtsNegeri Cirebon 1  menggunakan prinsip pola tujuh belas, yaitu :
a.       Satu wawasan umum, yaitu bimbingan konseling.
b.      Empat bidang bimbingan, yaitu :
·         Pribadi
·         Sosial
·         Belajar
·         Karier
c.       Tujuh jenis layanan, yaitu :
·         Orientasi
·         Informasi
·         Penempatan dan penyuluhan
·         Pembelajaran
·         Konseling perorangan
·         Bimbingan kelompok
·         Konseling kelompok 
d.      Lima kegiatan pendukung, yaitu meliputi :
·         Instrument bimbingan
·         Himpunan data
·         Konverensi kasus
·         Kunjungan rumah
·         Alih tangan kasus

4.      Masalah dan Kendala : -

  1. Komite Sekolah
1.      Struktur Organisasi























Ketua
 



Sekretaris
 



Bendahara
 






Bidang PSDS
 

Bidang PDM
 

Bidang KPP
 

Bidaang JKS
 
 





2.      Tugas dan Fungsi
    • Tim independent yang memiliki wewenang untuk melakukan musyawarah dengan pihak sekolah dalam melakukan kebijakan-kebijakan yang akan diberlakukan di sekolah.
    • Membantu melaksanakan program pendidikan yang ada di sekolah.
    • Penghubung antara masyarkat dengan pihak sekolah.
3.      Kegiatan
·         Mengawasi jalannya program-program pendidikan.
·         Mengawasi pembangunan infrastruktur sekolah.
·         Mengawasi pembiayaan sekolah.
·         Melakukan evaluasi kerja.
4.      Masalah dan Kendala 
·         Dalam bidang keamanan, seperti sering terjadinya pencurian terhadap inventaris sekolah
·         Pengadaan dana orang tua yang sulit.

  1. Perpustakaan Sekolah
1.      Struktur Organisasi dan Personalia
Ketua perpustakaan          :
Anggota perpustakaan      : Seluruh siswa-siswi MTs Negeri Cirebon 1
2.      Jumlah dan Jenis Koleksi Buku
No.
Jenis Buku
Jumlah
1.       
Pendidikan agama islam

2.       
Bahasa Indonesia

3.       
PPKN

4.       
Bahasa Inggris

5.       
Fisika

6.       
Biologi

7.       
Matematika

8.       
Geografi

9.       
Sejarah nasional

10.   
Ekonomi

11.   
Kamus bahasa inggris besar / kecil

12.   
Kamus bahasa arab

13.   
Kamus bahasa jepang- inggris

14.   
Kamus bahasa sunda

15.   
Kamus bahasa cirebon

16.   
Kamus geografi

17.   
Kamus biologi

18.   
Kamus fisika

19.   
Kamus sinonim-antonim

20.   
Kamus ungkapan

21.   
Kamus pribahasa

22.   
Kamus pelajar

23.   
Kamus bahasa Indonesia

24.   
Kamus elektronika

25.   
cerita fiksi

26.   
Cerita agama

27.   
Cerita sastra

28.   
Majalah

29.   
Kliping

30.   
Karya tulis


3.      Sistem Pelayanan
System pelayanan perpustakaan MTs Negeri Cirebon 1 yaitu, semua anggota perpustakaan, meliputi seluruh warga sekolah berhak meminjam dan merawat buku serta mengembalikan buku tepat pada waktunya.
4.      Rasio buku: siswa = :
  1. Kesejahteraan Tenaga Pendidikan
a.       Struktur pengajaran bagi PNS diatur melalui peraturan pemerintah tentang penggajian.
b.      Struktur penggajian honorer diatur melalui SK kepala sekolah dan komite.
c.       Kelebihan jam mengajar bagi PNS diatur melalui SK  kepala sekolah dan komite dan disetujui oleh dinas pendidikan.
  1. Program Peningkatan Kualitas Guru
a.       Pelaksanaan program MGMP Sekolah melalui maupun bidang studi dan dilaksanakan setiap satu minggu sekali.
b.      Seminar work shop dilakukan sesuia kebutruhan.
c.       Usaha-usaha peningkatran tenaga kependidikan, diantaranya dengan melakukan pengembangan potensi/profesionalisme guru, yaitu :
·         Penataran KTSP, diikuti oleh semua guru secara berkala,
·         Penataran metode pembelajaran
·         Penataran PTK
·         Sertifikasi profesi/sertifikasi,
·         Penataran PTBK, diikuti
·         Penataran KLH
  1. Administrasi Pengajaran
Terlampir


BAB III
PELAKSANAKAN TUGAS PRAKTEK KEPENDIDIKAN

A.      Praktek Mengajar
Praktek mengajar merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa jurusan kependidikan, baik itu kependidikan umum atau agama (Tarbiyah). Melalui praktek mengajar, mahasiswa dapat menggali serta meneliti potensi keguruan yang tersenbunyi. Melalui praktek mengajar ini, diharapkan para mahasiswa mampu menjadi guru-guru yang mampu mengemban tanggung jawab serta
Memegang kredibilitas seorang guru sehingga membentuk guru yang professional. Dalam pelaksanaan praktek mengajar di MTsN Cirebon 1 setiap praktekan direncanakan mengajar selama 5 minggu pertemuan tatap muka dengan siswa, satu kali pertemuan minimal 2 jam pelajaran (2 x 40 menit) dengan ujian praktek kependidikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan materi yang sesuai dengan anjuran guru pamong yang ditugaskan kepada guru praktekan. Bagi guru praktekan dituntut kesiapan, matang, terperinci, terencana dengan baik sebelum mengajar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dan juga untuk mendapatkan hasil yang baik.
Sehingga untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan dalam proses belajar mengajar, maka praktekan dituntut untuk melakukan kegiatan yang menunjang dalam hal tersebut. Kegiatan tersebut meliputi beberapa tahapan sebagai berikut :
1.      Tahapan persiapan yang meliputi :
a.       Menentukan pokok-pokok bahasan yang harus diberikan secara sistematis;
b.      Menentukan metode dan media yang relevan dengan tujuan pengajaran dan bahan pelajaran yang akan diberikan;
c.       Membuat planning tentang langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses belajar mengajar.
2.      Tahapan pelaksanaan yang meliputi :
a.       Apersepsi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam mengetahui pelajaran yang telah diberikan;
b.      Menyampaikan pokok bahasan secara sistematik;
c.       Memberikan keterangan secara jelas tentang pokok bahasan yang diterima;
d.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berpendapat;
e.       Memberikan jawaban dan tanggapan;
f.       Memberikan tes akhir serta kesimpulan tentang pokok bahasan yang diterima.
Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam proses Pelaksanaan Belajar Mengajar (PBM) adalah sebagai berikut :
1.      Mempelajari dan mengenal nama-nama siswa di kelas tempat mengajar;
2.      Mengenal dan memperhatikan siswa yang menonjol dalam kelas (yang aktif dan pasif, pandai dan kurang pandai);
3.      Mengenal kondisi fisik siswa (cacat, sakit);
4.      Mengenal interaksi siswa (sering mengganggu, bergurau, membantah, bertanya, dll);
5.      Mengetahui pencapaian hasil belajar siswa.

B.       Prinsip Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler
1.      Tujuan
Agar para praktekan memperoleh pengalaman dan penghayatan langsung dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler
2.      Prinsip
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah yaitu dalam rangka menumbuhkan IPTEK dan IMTAQ, maka kegiatan ekstra kurikuler menjadi wajib diikuti oleh siswa.
3.      Jenis kegiatan
Kegiatan ekstrakulikuler yang ada di MTsN Cirebon 1 diantaranya adalah Pramuka, Keagamaan, Osis dan lain-lain.

C.      Partisipasi Dalam Pembinaan Siswa Terhadap Permasalahan Yang Dihadapi Siswa
1.      Agar para praktekan memperoleh pengalaman dan penghayatan secara langsung dan interaksi dengan siswa;
2.      Kegiatan dan waktu pelaksanaan
Membantu guru BP mencarikan solusi bagi siswa yang mempunyai permasalahan baik yang terkait dengan kesulitan belajar maupun masalah-masalah yang lain. Kegiatan ini dilakukan pada saat istirahat atau pulang sekolah.


D.      Partisipasi Dalam Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas sangat menunjang proses belajar mengajar, praktekan memberikan himbauan yang positif kepada para siswanya yang sedang melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pelajaran. Hal-hal tersebut seperti :
1.      Siswa yang sedang berbincang dengan teman sebangkunya;
2.      Siswa yang melakukan kegiatan di luar instruksi guru;
3.      Siswa yang membuat kegaduhan di kelas.
Dari masalah yang ada maka para mahasiswa praktekan wajib memberikan pengarahan untuk berkonsentrasi dalam pelajaran yang dihadapi.
Adapun aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas adalah :
1.      Memiliki percaya diri yang tinggi;
2.      Memiliki rasa disiplin yang tinggi;
3.      Memahami karakteristik siswa yang beragam;
4.      Memiliki rasa tanggung jawab;
5.      Memilih dan menerapkan strategi / metode pengajaran yang tepat;
6.      Menguasai materi yang akan diajarkan;
7.      Pengalokasian waktu yang tepat.



















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Dari kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) yang dilakukan di MTs Negeri Cirebon 1, dapat diambil kesimpulan :
1.      Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan upaya dan wahana bagi pembentukan figure guru yang professional;
2.      administrasi merupakan faktor yang paling dominan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan;
3.      keberhasilan dalam proses belajar mengajar dipengaruhi oleh faktor profesionalisme guru, serta faktor individual siswa;
4.      pembinaan dalam penyelesaian masalah yang dihadapi siswa dapat membantu dalam pencapaian tujuan proses belajar mengajar;
5.      kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu dalam pembinaan kepribadian serta pengetahuan siswa;
6.      faktor lingkungan merupakan faktor pendorong untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar.

B. Saran-saran
1. Saran Untuk Sekolah
a.       Hendaknya sekolah mamberikan hukuman yang tegas dan mendidik kepada siswa yang terlambat;
b.      Hendaknya guru lebih selektif dalam memberikan izin keluar kepada siswanya.
c.       Hendaknya guru lebih tegas dalam mengajar karena mayoritas siswa-siswanya sulit untuk disiplin dalam belajar karena banyak yang membuat kegaduhan dikelas.
2. Saran Untuk Panitia PPL II
a.       Dalam pembekalan hendaknya lebih ditingkatkan lagi baik dari kuantitas maupun kualitas;
b.      Hendaknya para praktekan diberikan fasilitas yang menunjang dalam pelaksanaan PPL II;
c.       Perlu peninjauan ulang mengenai pakaian yang sama dengan seragam PNS kepada para praktekan.
3. Saran Untuk Jurusan
  1. Hendaknya setiap fakultas diberikan masing-masing pembimbing dari masing-masing prodi agar lebih bisa mengarahkan praktekan;
  2. Hendaknya dosen pembimmbing lebih sering memantau para praktekan di lapangan tanpa harus menunggu kabar dari para praktekan                                                             

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar